a. Pengertian Organisasi
Istilah organisasi sudah sering kali kita dengar karena dalam pemahaman
kita sehari-hari istilah organisasi sering disamakan dengan sebuah
persatuan atau persyarikatan. Organisasi berasal dari kata organon yang
dalam bahasa Yunani diartikan sebagai alat.
Menurut Sondang P.Siagian yang dikutip dari bukunya Dr. Kartini kartono menjelaskan bahwa:
“Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih
yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, dan terikat secara
formal dalam suatu ikatan hierarki dimana selalu terdapat hubungan
antara seorang atau sekelompok orang yang disebut pemimpin dan seorang
atau sekelompok orang yang disebut bawahan."
Di samping itu, pengertian organisasi telah banyak dikemukakan oleh para
ahli. Yayat Djadmiko , mencoba mengidentifikasi organisasi yang disebut
beberapa ahli sebagai berikut :
1) Edgar H. Shein dalam bukunya Psychology of Organization, (1982)
memberikan definisi yaitu; "An organization is the plan coordination of
the activities of a member os people for the achievement of some common
explicit purpose or good, through division of labor and function and
through a hierarchy of authority and responsibility." Jadi organisasi
adalah koordinasi yang direncanakan mengenai kegiatan-kegiatan sejumlah
orang untuk mencapai tujuan bersama melalui pembagian kerja dan fungsi
berdasarkan tingkatan otoritas (kewenangan) dan tangggung jawab.
Elemen-elemen yang terkandung dari definisi di atas adalah :
a) Bahwa organisasi menuntut pengembangan dan pemeliharaan koordinasi.
b) Bahwa di dalam organisasi terdapat tujuan bersama yang pencapaiannya harus diupayakan semaksimal mungkin.
c) Dalam organisasi terdapat pembagian kerja (division of labor).
d) Seluruh kegiatan dalam organisasi harus menciptakan keterpaduan
(integration), menekankan bahwa objek koordinasi pada dasarnya bukan
orang tetapi kegiatan atau pekerjaan.
2) Trewata & Newport dalam bukunya Managemen (1982) , yang
dikutip dari bukunya Yayat Hayati Djadmiko memberikan definii tentang
organisasi yaitu; ”Organization is defined as a social structure,
designed to coordinated the activities of two or more people, through a
division of labor and hierarchy authority for achievement of a common
purpose". Organisasi adalah suatu struktur social yang diranncang untuk
mengkoordinasi kegiatan-kegiatan dua orang atau lebih melalui suatu
pembagian kerja dan tingkatan otoritas untuk mencapai tujuan bersama.
Elemen-elemen yang terkandung dari definisi di atas adalah :
a) Organisasi itu merupakan suatu kerangka social, yaitu kerangka yang menunjukkan hubungan antara individu dalam organisasi.
b) Bahwa di dalam organisasi terdapat koordinasi yang dirancang untuk mengatur kegiatan orang-orang.
c) Organisasi terdapat pembagian kerja yang diatur dengan tingkatan otoritas.
d) Seluruh kegiatan ditunjukkan untuk pencapaian tujuan bersama.
Menurut Prajudi Atmosudirjo memberikan ulasan tentang organisasi dalam
bukunya Makmur, yaitu "suatu kelompok yang terdiri dari dua orang atau
lebih (social entity) yang dengan sadar bekerja sama secara terpadu
(consciously coordinated) dalam suatu konteks tertentu, menurut
batasan-batasan (boundaris) dan fungsi-fungsi tertentu guna mencapai
suatu tujuan bersama tertentu atau suatu perangkat (set off)
tujuan-tujuan bersama tertentu".
Dari definisi tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa organisasi
merupakan suatu proses kerjasama yang terdiri dari dua orang atau lebih
untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efesien.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar