Minggu, 27 April 2014

Organisasi

a.    Pengertian Organisasi
Istilah organisasi sudah sering kali kita dengar karena dalam pemahaman kita sehari-hari istilah organisasi sering disamakan dengan sebuah persatuan atau persyarikatan. Organisasi berasal dari kata organon yang dalam bahasa Yunani diartikan sebagai alat.
Menurut Sondang P.Siagian yang dikutip dari bukunya Dr. Kartini kartono menjelaskan bahwa:
“Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, dan terikat secara formal dalam suatu ikatan hierarki dimana selalu terdapat hubungan antara seorang atau sekelompok orang yang disebut pemimpin dan seorang atau sekelompok orang yang disebut bawahan." 

Di samping itu, pengertian organisasi telah banyak dikemukakan oleh para ahli. Yayat Djadmiko , mencoba mengidentifikasi organisasi yang disebut beberapa ahli sebagai berikut : 
1)    Edgar H. Shein dalam bukunya Psychology of Organization, (1982)  memberikan definisi yaitu; "An organization is the plan coordination of the activities of a member os people for the achievement of some common explicit purpose or good, through division of labor and function and through a hierarchy of authority and responsibility." Jadi organisasi adalah koordinasi yang direncanakan mengenai kegiatan-kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan bersama melalui pembagian kerja dan fungsi berdasarkan tingkatan otoritas (kewenangan) dan tangggung jawab.

Elemen-elemen yang terkandung dari definisi di atas adalah :
a)    Bahwa organisasi menuntut pengembangan dan pemeliharaan koordinasi.
b)    Bahwa di dalam organisasi terdapat tujuan bersama yang pencapaiannya harus diupayakan semaksimal mungkin.
c)    Dalam organisasi terdapat pembagian kerja (division of labor).
d)    Seluruh kegiatan dalam organisasi harus menciptakan keterpaduan (integration), menekankan bahwa objek koordinasi pada dasarnya bukan orang tetapi kegiatan atau pekerjaan.

2)    Trewata & Newport dalam bukunya Managemen (1982) ,  yang dikutip dari bukunya Yayat Hayati Djadmiko memberikan definii tentang organisasi yaitu; ”Organization is defined as a social structure, designed to coordinated the activities of two or more people, through a division of labor and hierarchy authority for achievement of a common purpose".  Organisasi adalah suatu struktur social yang diranncang untuk mengkoordinasi kegiatan-kegiatan dua orang atau lebih melalui suatu pembagian kerja dan tingkatan otoritas untuk mencapai tujuan bersama.


Elemen-elemen yang terkandung dari definisi di atas adalah :

a)    Organisasi itu merupakan suatu kerangka social, yaitu kerangka yang menunjukkan hubungan antara individu dalam organisasi.
b)    Bahwa di dalam organisasi terdapat koordinasi yang dirancang untuk mengatur kegiatan orang-orang.
c)    Organisasi terdapat pembagian kerja yang diatur dengan tingkatan otoritas.
d)    Seluruh kegiatan ditunjukkan untuk pencapaian tujuan bersama.

Menurut Prajudi Atmosudirjo memberikan ulasan tentang organisasi dalam bukunya Makmur, yaitu "suatu kelompok yang terdiri dari dua orang atau lebih (social entity) yang dengan sadar bekerja sama secara terpadu (consciously coordinated) dalam suatu konteks tertentu, menurut batasan-batasan (boundaris) dan fungsi-fungsi tertentu guna mencapai suatu tujuan bersama tertentu atau suatu perangkat (set off) tujuan-tujuan bersama tertentu". 

Dari definisi tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa organisasi merupakan suatu proses kerjasama yang terdiri dari dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efesien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar